Minggu, 26 Oktober 2014

Cara Menjual Jangkrik

cara jual jangkrik alam
Menjual jangkrik yang sudah siap panen merupakan salah satu hal yang paling dinantikan oleh para peternak jangkrik. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi sebuah masalah ketika yang memanen jangkrik adalah peternak baru. Mereka sedikit mengalami kesulitan ketika akan memasarkan hasil panennya ke para pelanggan jangkrik. Ada beberapa solusi ketika peternak akan menjual hasil panennya ke pasaran jangkrik di daerahnya.

Pertama : Bekerjasama dengan Pengepul.
Pengepul jangkrik biasanya sudah mempunyai sebuah sistem jual telor, beli panen. Artinya, telor yang dijual kepada para peternak, suatu  saat akan diambil atau dibeli oleh pengepul itu sendiri. Pengepul sudah mempunyai pasaran sendiri terhadap jangkrik yang dikelolanya. Jika anda adalah seorang peternak jangkrik yang hanya membesarkan jangkrik saja, usahakan agar bekerjasama dengan pengepul jangkrik yang ada di daerah anda. Memasarkan jangkrik yang masih baru memang agak sedikit sulit ketika kita bergerak sendiri untuk dijual kepasaran. Karena, rata rata toko yang menjual jangkrik sudah disupply oleh pengepul lama di daerahnya.

Kedua : Memasarkan Jangkrik di Toko Sendiri.
Sampai saat ini, pasaran jangkrik masih terbuka lebar di setiap daerah. Sebagai peternak, kita tidak usah kuatir terhadap cara memasarkannya. Cobalah anda untuk memasarkan jangkrik hasil panen anda di toko sendiri. Tidak usah terlalu besar, tetapi cukup untuk menjual jangkrik anda di toko kecil yang anda kelola. Jika perlu, pasang spanduk sederhana, dengan tulisan " DISINI JUAL JANGKRIK"dengan ukuran huruf yang besar agar bisa dibaca orang lain. Dengan cara ini, mudah mudahan jangkrik yang anda panen akan segera terjual dengan cepat.

Ketiga : Mencari Toko Penjual Burung Yang Masih Baru.
Biasanya, toko yang menjual burung, pastinya ada pakan burung di dalamnya. Berbicara pakan burung, tentu jangkrik adalah salah satunya. Jika toko burung itu masih baru, peluang untuk menjual jangkrik ke toko burung tersebut masih terbuka lebar. Selama harga jangkrik yang anda jual mampu bersaing dengan penjual jangkrik lainnya. Dari segi kualitas jangkrik juga menentukan setia atau tidaknya toko tersebut terhadap anda sebagai peternak. Bangun komunikasi aktiv antara anda sebagai peternak dengan pemilik toko burung tersebut agar tidak berpaling ke yang lain.



Mungkin, ketiga cara tersebut merupakan beberapa cara dari sekian banyak cara yang lain untuk memasarkan jangkrik bagi peternak yang masih baru. Barangsiapa berusaha, maka ia akan berhasil, tetapi tidak akan berhasil seseorang, ketika ia tidak melakukan apa - apa untuk mewujudkan keinginannya itu. Hal inipun pasti berlaku untuk seseorang yang ingin menjual jangkriknya setelah masa panen.  Semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

1 komentar:

  1. di tempatku egk ada pengepul, satu-satunya tempat ke toko penjual burung dan kadal

    BalasHapus