Minggu, 06 Juli 2014

Mengenal Hama Jangkrik Lebih Dekat

Keuntungan membudidayakan jangkrik bisa menghasilkan penghasilan yang lumayan besar, tetapi perlu diingat bahwa serangan hama jangkrik dari mulai penyiangan telur sampai akan panen perlu diwaspadai. Lantas, hama apa saja yang seringkali membuat hasil panen tidak maksimal, berikut adalah hama - hamanya :

1. Semut
Semut adalah binatang kecil yang sangat doyan dengan telur jangkrik, ketika telur jangkrik disiangkan di dalam kandang, berharaplah agar semut tidak menyerang kedalam kandang yang berisi telur. Telur jangkrik mengeluarkan aroma kuat ( anyir ) yang membuat semut berdatangan. Secara bergotong royong mereka berpesta pora memikul ratusan telur untuk disantapnya tanpa kita sadari. Akhirnya, jumlah telur pun berkurang dan ini akan mengurangi jumlah jangkrik ketika masa panen tiba.

Hal ini bisa kita hindari dengan menempatkan kaki - kaki kandang diatas wadah yang sudah terisi oli bekas, dijamin, semut tidak akan melewati pembatas oli itu.

2. Kodok
Selain semut, ada musuh besar lainnya yang tidak kalah kuatnya yaitu kodok. Dalam satu hari, puluhan ekor jangkrik akan dilahapnya dengan cepat. Yang paling berbahaya adalah kodok yang memiliki lendir disekujur tubuhnya. Kodok ini bisa masuk kedalam kandang dengan cara merangkak naik di pinggiran kandang, setelah masuk ia akan memangsa jangkrik baik ukuran besar ataupun kecil.

Cara untuk menghindarinya adalah dengan menutup bagian atas kandang dengan screen atau dengan ram kawat agar kodok tidak bisa masuk.

3. Cicak
Cicak juga sangat doyan dengan jangkrik, ia mengendap endap di dinding kandang bagian dalam, kemudian clop, jangkrik pun ia dapatkan. Wah, binatang ini sangat berbahaya, karena biasanya setelah satu ekor cicak tahu ada makanan di dalam kandang, biasanya ia memanggil temen temennya untuk masuk juga ke dalam kandang. Yang paling parah, kalau mereka kawin dan membuat sarang di dalam kandang, ini akan membuat hasil panen berkurang, karena jangkrik akan ia santap setiap hari.

Untuk solusinya, sama dengan cara untuk menghindari kodok diatas.

Para sobat, itulah beberapa hama yang seringkali menyerang jangkrik dari mulai penyiangan telur sampai akan panen, sebenarnya masih banyak lagi hama hama lainnya yang bisa menyerang jangkrik di dalam kandang, tetapi yang paling dominan adalah ketiga hama diatas, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. untuk memberantas semut kalau bagian bawahnya hanya diberi air saja buka oli apakah bisa?

    BalasHapus